Wednesday 7 January 2015

Cerita Dibalik Lagu The Man Who Can't Be Moved

Hai, hai semuanya, yang kelihatan maupun tidak kelihatan,, yang ada maupun yang tidak ada serta yang ini dan juga yang itu *Stopppppp,,, lanjut* Hehehe,,, masih postingan request-san nih sobat semuanya,, masih juga (Baca : Cerita dibalik lagu Rude ) dari orang yang sama yaitu Ka' Arie R................ *ngak tau nama lengkapnya*..

Lagu yang akan diulas sekarang mempunyai judul yang amat sangat panjang seperti cabai rabit * Wewww ???*,,, yaitu The Man Who Can't Be Moved... Oiiya, seperti yang sebelumnya nih, ngak lengkap kalau belum bahas penyanyi lagu ini siapa.. Penyanyinya adalah band The Script..


*The Script*

The Script adalah band rock Irlandia asal Dublin. Band ini terdiri dari vokalis Danny O'Donoghue, gitaris Mark Sheehan, dan drummer Glen Power. The Script merilis album perdana bertajuk The Script pada Agustus 2008 dengan single "We Cry" , "The Man Who Can't Be Moved" , "Breakeven" , "Talk You Down" , dan terakhir "Before The Worst". Album perdana ini menempati posisi 1 di Irlandia dan UK, dan menempati posisi 64 di Billboard 200 (AS). Album kedua mereka yang bertajuk Science & Faith dengan single "For The First Time" , "Nothing" , "If You Ever Comeback" , dan "Science & Faith" diliris pada tahun 2010. Album kedua mereka juga cukup sukses dengan menempati posisi satu di Irlandia dan Inggris, dan menempati posisi nomor tiga di tangga lagu AS. Album ketiga mereka berjudul #3 dirilis pada tanggal 10 September 2012 dengan single utama "Hall Of Fame", di single yang satu ini The Script berkoloborasi dengan musisi Hip-Hop/R&B AS, Will.i.am yang sempat menjadi rekannya sebagai mentor di acara The Voice UK.

Musik mereka telah menjadi fitur banyak acara televisi diantaranya 90210, Ghost Whisperer, Waterloo Road, EastEnders, Made In Chelsea, dan The Vampire Diaries. Sang vokalis Danny O'Donoghue sempat menjadi salah satu dari empat mentor bersama Will.i.am, Tom Jones, dan Jessie J dalam acara The Voice UK season 1 dan 2 namun berhenti dengan alasan ingin lebih fokus pada bandnya.
Pada tahun 2009, Industri Victoria's Secret memilih "The Man Who Can't be Moved" sebagai tema parade tahunannya bertajuk The Victoria's Secret Fashion Show 2009 sebagai sesi pembukaan dan sesi Enchanted Forest bersama Heidi Klum 

Danny O'Donoghue dan Mark Sheehan telah berteman lama sejak mereka berumur 12 tahun. Mereka berdua dibesarkan di Dublin, Irlandia. Sebelum The Script, Danny dan Mark aktif sebagai anggota dari grup boyband yang bernama Mytown, yang dibentuk di tahun 1996. Keberhasilan Danny dan Mark dalam menulis lagu dan bekerja sama dalam produksi membawa mereka ke Canada untuk berkoloborasi dengan penulis lagu dan produser musik papan atas diantaranya Dallas Austin, Montell Jordan, dan Teddy Riley. Setelahnya mereka tinggal di Amerika untuk beberapa tahun.

Mereka Tinggal di Los Angeles, dan bekerja disana sebagai produser, menulis dan memproduksi lagu-lagu untuk artis papan atas seperti Britney Spears, Boyz II Men, dan TLC. Setelah beberapa tahun di Amerika, mereka kembali lagi ke kampung halaman mereka di Dublin, dimana mereka merekrut Glen Power sebagai drummer untuk band baru mereka, The Script.

Terbentuklah The Script dengan formasi Danny O'Donoghue sebagai vokalis dan kibordis, Mark Sheehan sebagai gitaris, dan pengisi backing vokal, dan Glen Power yang mengisi drummer. Di tahun 2005, band ini terdaftar di label Phonogenic, dan merilis EP mereka di
Last.FM. Lalu di tahun 2008 mereka meluncurkan The Script, album pertama mereka.

*The Man Who Can't Be Moved*
Makna secara keseluruhan dari lagu ini adalah cerita tentang seorang lelaki yang sangat mencintai seorang wanita tetapi wanita itu sudah pergi meninggalkannya dan lakilaki itu tidak bisa berpaling dari wanita itu. Dari bait pertama lagu ini kita sudah dapat mengambil maknanya dari:
 "going back to the corner where i first saw you, gonna camp in my sleeping back i'm not gonna move, got some words on cardboard got your picture in my hand, saying if you see this girl can you tell her where i am"
 
Dari lirik diatas saja kita sudah mengerti kalau si laki-laki ini pergi ketempat pertama kali ia bertemu dengan si wanita yaitu di sudut jalan, lalu laki laki ini mengambil foto wanita itu dan menunjukkannya kepada siapa saja yang lewat dijalan itu sambil berkata "jika kau berjumpa dengan gadis ini, bisakah kau beritahu dia dimana aku berada?".
balik lagi ke lagu, lirik selanjutnya adalah 
"some try to hand me money they don't understand, i'm broke i'm just a broken hearted man, i know it makes no sense, but what else can i do, how can i move on when i've been in love with you"
inti dari lirik lagu diatas adalah, orang orang dijalanan bahkan mengira ia pengemis namun mereka tidak mengerti mengapa laki laki itu, padahal laki laki itu adalah seorang yang sedang patah hati, lalu apa yang akan dia lakukan dan bagaimana dia ingin berpaling jika ia masing sangat mencintai gadis itu"
sekarang kita akan coba mengupas bagian reff nya
"cos if one day you wake up and find that your missing me, and your heart starts to wonder where on this earth i can be, thingking maybe you'd come back here to the place that we'd meet, and you see mu waiting for you on the corner of the street"
maknanya pasti sudah tau kan? yap, si laki laki ini ingin mengungkapkan kepada wanitanya bahwa wanita itu nantinya akan tersadar dan merasa kehilangan dia, dan laki laki ini berfikir mungkin wanitanya akan kembali ketempat pertama kali mereka berjumpa, dan wanita itu akan melihat laki laki itu yang sangat setia menanti kedatangannya :')
balik lagi ke lagu, lirik ini juga gak kalah romantis sama lirik yang sebelumnya
"policeman says son you can't stay here, i said there's someone i'm waiting for if it's a day a month a year,gotta stand by ground even if it rain or snow, if she changes her mind this is the first place she will go"
dari lirik ini polisi datang dan berkata padanya bahwa ia tak bisa disini dan lakilaki ini berkata "ada seseorang yang saya untuk sehari, sebulan bahkan untuk setahun" walaupun turun hujan atau salju, karena jika wanitanya berubah pikiran maka tempat itulah yang pertama kali akan didatangi wanitanya. 
balik lagi ke lagu, yaitu kembali lagi di bagian reff dan setelah reff ini vokalisnya berkata
"so i'm not moving....i'm not moving" hingga 3 kali
sekarang kita di bagian selanjutnya. 
"people talk about the guy, whos waiting on a girl.....there no hole in his shoes but a big hole in his world.."
intinya banyak orang yang membicarakan laki laki itu karena ia menunggu seorang gadis, memang tak ada lubang di sepatunya tetapi ada lubang yang sangat besar didalam hidupnya saat itu.
balik lagi ke lagu,
"maybe i'll get famous as the man who can't be moved, and maybe you won't mean to but you'll see me on the news, and you'll come running to the corner...cos you 'll know it's just for you"
oke, disini kita tau bahwa silakilaki ini terkenal sebagai laki laki yang ibarat nya gak bisa move on dari wanitanya, dan mungkin wanitanya akan melihat dia diberita televisi, dan wanita itu pergi ke ujung jalan karena ia tau semuanya dilakukan laki laki itu hanya untuk wanitanya

*Lirik*
Going back to the corner
Kembali ke sudut (jalan) itu
where I first saw you
Di mana aku pertama bertemu denganmu
Gonna camp in my sleeping bag
(Aku) 'kan berkemah dalam kantong tidurku
I'm not gonna move
Aku takkan pergi

Got some words on cardboard
Kutulis kata-kata di kertas karton
Got your picture in my hand
Kugenggam fotomu di tanganku
Saying, "If you see this girl
Tertulis, "Jika Anda melihat gadis ini
can you tell her where I am"
bisakah kau katakan padanya dimana diriku"

Some try to hand me money
Beberapa orang mencoba memberiku uang
They don't understand
Mereka tak mengerti
I'm not broke
Aku bukan orang bangkrut
I'm just a broken hearted man
Aku hanya pria yang patah hati

I know it makes no sense
Aku tahu ini tak masuk akal
But what else can I do
Tapi apalagi yang bisa kulakukan
How can I move on
Bagaimana bisa kulanjutkan hidupku
when I'm still in love with you
Jika aku masih mencintaimu

CHORUS
'Cause if one day you wake up
Karna jika suatu hari kau terbangun
and find that you're missing me
dan merasa rindu padaku
And your heart starts to wonder
Dan hatimu mulai bertanya-tanya
where on this earth I could be
dimanakah diriku
I'm thinking maybe you'd come back here
Kupikir mungkin kau kan kembali ke sini
to the place that we'd meet
ke tempat dulu biasa kita bertemu
And you'd see me waiting for you
Dan kau kan melihatku menunggumu
on the corner of the street
di sudut jalan ini
So I'm not moving
Maka aku takkan pergi
I'm not moving
Aku takkan pergi

Policeman says, "Son you can't stay here"
Polisi berkata, "Nak kau tak boleh di sini"
I said, "There's someone I'm waiting for
Kujawab, "Aku sedang menunggu seseorang
if it's a day, a month, a year!
entah sehari, sebulan, setahun!"

Gotta stand my ground even if it rains or snows
Takkan pergi meskipun hujan atau salju turun
If she changes her mind
Jika dia berubah pikiran
This is the first place she will go
Inilah tempat pertama yang kan dia datangiOh
Oh

CHORUS

People talk about the guy who's waiting on a girl
Orang membicarakan lelaki yang sedang menunggu seorang gadis

There are no holes in his shoes but a big hole in his world
Sepatunya tak robek, tapi hatinya terluka

Maybe I'll get famous as the man who can't be moved
Mungkin aku kan terkenal sebagai pria yang tak mau disuruh pergi
And maybe you won't mean to but you'll see me on the news
Dan mungkin tanpa sengaja engkau kau melihatku di berita
And you'll come running to the corner
Dan kau kan datang ke sudut ini
'cause you know it's just for you
karena kau tahu semua ini untukmu
I'm the man who can't be moved
Akulah pria yang tak mau disuruh pergi
I'm the man who can't be moved
Akulah pria yang tak mau disuruh pergi

CHORUS (2x)

Going back to the corner
Kembali ke sudut (jalan) itu
where I first saw you
Di mana aku pertama bertemu denganmu
Gonna camp in my sleeping bag
(Aku) 'kan berkemah dalam kantong tidurku
I'm not gonna move
Aku takkan pergi

Hmmm,,,, kanyanya hanya ini deh yang kali ini gue mau share,, oiya sekali lagi terima kasih untuk ka Arie atas pesanan postingan kali ini, maaf kalau sempat tertunda beberapa abad *Wakk ??*.. sekali lagi sekian dulu yan postingan kali ini,,, bye bye

No comments:

Post a Comment