Friday 9 May 2014

Awal Dari Masa Depan



Hai, hai, para fans setia,, ahahahaha ( kaya punya fans setia aja,,, postingan aja ngak ada yang komentar ). Kali ini gw mau ngeposting sesuatu yang beda dari biasanya, bukan soal model Asia, juga bukan soal model Amerika, bukan sinopsis, bukan lirik lagu, tetapi sebuah cerpen. Yappp untuk pertama kalinya, setelah bersemedi di puncak gunung everest 3 hari 3 malam ( ahahaha ) akhirnya gw dikasih keberanian untuk tulis cerpen. And untuk lo semua, ini cerpen gw asli buatan gw, ngak ngejiplak karena berasal dari pengalaman hidup gw. Hmmmm,,, jadi grogi nih mau nulisnya, jari jadi gemeteran ( alayyyyy bingitssss ). Okey. okey, udah pada ngak sabar rupanya ingin baca cerpen gw.. Ya udah deh, ini dikasih cerpennya.




 Awal Dari Masa Depan 

Pernahkah lo semua bermimpi ?? Pernahkah juga loe berandai-andai ?? Atau mempunyai impian atau cita-cita ?? Pasti semua orang didunia pernah bermimpi dan pasti juga mempunyai impian atau cita-cita. Sama seperti gw, bocah yang baru beranjak gede, baru belajar apa yang namanya awal dari segalanya, belum memahami tentang makna dari sebuah usaha dan kerja keras, serta belum mengerti tentang arti sebuah pekerjaan. Yang gw tau hanyalah bermain, ngumpul sama temen-temen, nonton tv, maen ps, sekolah, makan & minum semau gw, serta belajar.

Belum ada pikiran mengenai apa yang harus gw kerjain untuk masa depan gw, dan sama sekali ngak tau mau buat apa. Hmmmm,,,, sekarang gw udah kelas 3 sma akhir, udah habis UN ( Ujian yang menentukan apakah lulus tidaknya seorang anak di sekolah ). Ujian yang gw rasa ngak penting, karena udah capek-capek sekolah selama 3 tahun, dari pagi sampe sore, ditambah les dan kegiatan ekstrakulikuler lainnya hanya ditentukan selama 3 hari ( UN ). God please,, mengapa harus ada ujian seperti ini di Indonesia ??

Kenapa gw jadi bahas itu,, husssss,. Hmmm, cerita ini bermula 10 hari sebelum UN ( UN tanggal 14 april ). Tepatnya tanggal 4 april, gw ngeliat iklan sekaligus pengumuman bahwa tahun ini and saat ini sedang dibuka pendaftaran Brigadir Polri, dan setelah liat jumlah orang yang dibutuhkan untuk memenuhi kuota calon polri ini adalah 11000 untuk cowok dan 7500 untuk cewek, What ???????? banyak bingitsssz. 

Gw yang exticed akhirnya berani mencoba untuk mendaftarkan diri gw, and setelah gw liat syarat pendaftraannya, Wow, banyak banget syarat dan juga surat yang harus gw penuhi untuk daftar Polisi. Hmmmm,, Hari pertama gw pun akhirnya dimulai saat gw harus bolak balik ke kantor Dinas Kependudukan dan Dinas PPO provinsi untuk ngelegaliris surat KK, ktp, ijazah sd, dan akte kelahiran serta juga harus antri di studio foto untuk ngebuat pas foto. Dan kalian tau, berapa lama waktu yang harus gw butuhkan untuk ngurusin semua itu ?? semuanya butuh 8 jam,,, perjuangan yang sangat melelahkan di hari pertama gw ngurus masa depan.

Hari kedua gw lanjutin dengan melakukan tes urine untuk memastikan gw bebas dari narkoba dan sebagainya. Hari ketiga gw harus antri panjang dipolda untuk ngurus sidik jari serta SKCK, itu butuh 2 hari untuk mengurus karena jumlah animo remaja tahun ini sangat banyak untuk mengikuti tes polisi dan polwan. Dan hari berikutnya, udah lupa hari keberapa tapi ngw inget waktu itu hari kamis, gw dengan ceria dating ke polda untuk ambil SKCK dan daftar,, tapi, ternyata oh ternyata, ada surat yang gw belum urus, yaitu surat keterangan sehat dari puskesmas setempat dan juga legalisir ijasah smp. Haaaaaaaa ?? mampos gw,, sekarang udah jam 1 lagi, terpaksa gw mengurungkan gw untuk mendaftar dan pergi mengurus surat yang belum ada. 

Keesokkan harinya, dengan segala kelengkapan surat yang telah ada, gw jalan dengan ceria ke polda untuk mendaftar, waktu itu udah jam setengah 11, akhirnya gw mendaftar. 1 jam,,,,,,,,,,,,,, 2 jam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 3 jam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, 4 jam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, dan akhirnya 5 jam waktu yang gw butuhkan untuk mendaftar. And anyway, gw mendapat nomer 1082. Hufffffffffff capeknya pake banget and gw diberitahukan bahwa semua casis ( calon siswa ) harus kumpul dig or untuk pemberitahuan selbih lanjut. Dan akhirnya UN,,,,,,,

1 minggu setelah un ( tepatnya hari selasa )  gw bersama casis lainnya kumpul di gor untuk menerima jadwal seleksi polisi. Gw mendapat jadwal rikkes 1 ( kesehatan 1 ) hari selasa minggu depan bersama 349 casis lainnya. Waktu itu kita semua dibagi pergelombang, jadi tiap hari 600 orang tes, huffffffffff. 

Akhirnya hari selasa, tepat 1 minggu setelah pertemuan di gor, dan hari ini juga saatnya gw tes kesehatan. Tepat jam 7 pagi gw bersama 599 casis ( 350 laki” & 250 perempuan udah tiba di SPN dengan memakai baju kaos putih dan celana pendek putih. Hmmmmm, kami semua dibagi menjadi bnyak kelompok yang tiap kelompok berisi 10 personil yg pada akhirnya menjadi patner gw untuk menjalani tes kesehatan. Semua tes gw lakukan dengan baik, sampai ada 1 tes yang memnbuat gw lucu, yaitu tes fisik. 

Jelas aja lucu, soalnya gw dengan 19 casis pria lainnya disuruh masuk di sebuah ruangan yang banyak polisi laki-lakinya. Kami dibariskan menjadi 2 banjar ( 1 banjar 10 orang ) dan akan polisi-polisi itu akan menguji kesehatan kami. And seorang polisi berkata, pada hitungan ke-3 semuanya ( kami 20 orang casis ) udah telanjang. What ????? naked ??? akkkhhhhhhggggkk,  malu banget gw harus naked didepan banyak orang walau buka gw sendiri yg naked. Lalu kami diperiksa, mulai dari varises, ambeyen, serta dilihat bekas luka yang ada. Ada satu kejadian lucu, yaitu saat kami 20 orang dalam posisi berhadapan naked disuruh lompat sebanyak 30 kali,,, ahahahaaha,, lucu banget, dan ada 1 moment memalukan dimana seorang polisi memeriksa alat k***m*n kami, akkkkkkkkkkkkkhhhggg, memalukan banget. Dan akhirnya hari itu bisa gw lewati dengan baik, dan tinggal nunggu hasilnya hari sabtu tanggal 3 Mei 2014.





Hari jumat malam gw dapet informasi bahwa pengumuman akan dibagikan di lapangan Polda jam 11 pagi. Dengan senang hati gw berangkat dari rumah jam setengah 11. Setelah sampe di polda gw heran ternyata yang dating Cuma sedikit, sekitar 100 orang, dan gw mendengar bilang hasilnya ditunda jam 2 siang. Haaaaaaaaaaaaaaaaaaa ??, jam 2 siang ?? ahhhh, gw jadi males pulang, soalnya rumah gw jauh, dan saat gw liat sekeliling gw, gw melihat temen-temen gw lagi duduk di pinggir jalan menunggu hasil tes kesehatan and gw akhirnya bergabung menjadi gembel sementara yang duduk di pinggir jalan sampe jam 2 siang. Setelah jam 2, ternyata ditunda lagi sampe jam 4 sore… 

And bla,,,bla,,,bla,, gw ngak pulang dan banyak yang ngak pulang, dan akhirnya jam 4 pun tiba, kami mendengar pengumuman yang berisi bahwa semua ini dtunda sampe jam 8 malem,,,,,,. Terpaksa nunggu lagi deh bersama 4 orang teman gw. Semua mulai bosan saat menunggu,, yaiyalah,,, dari jam 11 siang gw nunggu. 

Jam 8 kami dikumpulkan dilapangan dan diberitahukan bahwa pengumuman jam 11 malem, God help me please. Lama banget..  

*setelah lama menunggu *

Akhirnya gw, temen-temen gw ( George, Arief, Ria, Susan ) bermain jujur berani and temen gw yang lain ( Afi dan Willy ) jadi penonton. Setelah bermain dan ketawa puas kami semua berniat untuk tidur dilapangan untuk menunggu hasil pengumuman. Disaat itu baru gw sadar bahwa untuk meraih masa depan itu sulit dan butuh perjuangan serta kerja keras. And jam 12 malem baru pengumuman,, hasilnya sih baik dan jam 2 gw baru pulang rumah. Hmmmm, mengantuk parah gw .

Tapi ini semua demi cita-cita gw, dan ngak ada cita-cita yang dicapai secara gampang, harus ada proses, kerja keras, perjuangan, menahan emosi, sabar, menyatu dengan alam, pantang menyerah dan harus tetap tersenyum, itulah pelajaran yg gw dapet saat ikut seleksi Polisi. Sekian



Keren kan cerpen gw,, ahahaha,, udahan dulu yah, gw capek banget nih,, byeeee..

No comments:

Post a Comment